Penyebab dan cara memperbaiki Komputer Mati Sendiri

Advertisement
Komputer yang sering mati sendiri memang akan membuat kita jengkel, terlebih apabila kita sedang dalam keadaan mendesak dikerjar waktu untuk menyelesaikan tugas. nah untuk itu kali ini saya akan membahas tentang cara mengatasi komputer yang sering mati sendiri. 
Sebenarnya ada banyak sekali jenis jenis komputer yang mati sendiri, diantaranya :
  1. Komputer mati sendiri setelah beberapa jam
  2. Komputer mati sendiri setelah beberapa menit
  3. Komputer mati sendiri setelah beberapa detik
  4. Komputer mati sendiri saat booting
  5. Komputer mati sendiri saat dinyalakan
  6. Komputer mati sendiri saat main game
Komputer mati sendiri setelah beberapa menit
Gambar pemberian pasta pada processor
Nah setelah indikasi diatas berarti kita sudah tahu kira kira apa yang menyebabkan komputer mati, "ini tidak akan asing lagi jika kamu sudah faham betul tentang seluk beluk komputer". oke, langsung saja kita bahas satu persatu.
  • Mengatasi Komputer mati sendiri setelah beberapa jam menyala
Komputer yang mati dengan indikasi ini bisa diakibatkan oleh beberapa hal, kebanyakan komputer yang mati seteah beberapa jam dinyalakan adalah karena processor terlalu panas, hal ini disebabkan karena komputer bekerja terlalu keras / menjalankan program terlalu banyak secara bersamaan. cara mengatasinya adalah dengan mengurangi penggunaan program atau tutup program yang tidak begitu penting. dan untuk mencegah processor terlalu panas kamu bisa memberi pasta pada headsink processor kamu supaya panas pada processor bisa terserap dengan sempurna oleh headsink.

  • Mengatasi Komputer mati setelah beberapa menit dinyalakan
Indikasi seperti ini biasanya sama seperti pada kasus nomer 1, solusinya beri pasta pada headsink supaya panas pada processor dapat diserap oleh headsink dengan mudah (pastikan juga kipas yang menempel pada headsink juga berputar, kalau kipasnya mati segera ganti dengan yang baru)

  •  Komputer mati setelah beberapa detik
Komputer yang mati setelah beberapa detik dinyalakan bisa terjadi pada sistem operasi yang corupt, artinya kamu harus install ulang windows kamu. 
Jika komputer menyala dan belum sampai logo windows kemudian mati lagi ini bisa diakibatkan oleh tombol power kamu yang kemungkinan rusak ( istilah jawanya mlanjer :p bahasa indonesianya cari sendiri ya :D ) solusinya ganti tombol power dengn yang baru, jika malas untuk membeli kamu tukar saja dengan kabel tombol reset dan power butun dianggurin aja.

  •  Komputer mati sendiri saat booting

Ini terjadi karena kerusakan sistem, coba kamu repair windows kamu atau kamu install ulang saja kalau sudah tidak bisa lagi menggunakan menu repair.
Atau mungkin bisa juga karena setingan bios tidak tepat, solusinya ubah setingan hardisk dengan mode AHCI kalau sudah dalam mode AHCI coba kamu rubah ke mode IDE kemudian simpan dan restart. jika tidak tetap tidak bisa artinya harus install ulang.

  • Komputer mati sendiri saat dinyalakan 
Solusinya sama seperti cara mengatasi masalah no 3

  • Komputer mati sendiri saat main game 
Permasalahan seperti ini biasanya diakibatkan karena komputer berkerja terlalu keras, atau game yang dijalankan tidak sesuai dengan spesifikasi komputer, solusi supaya tidak mati sendiri lagi adalah dengan menyesuikan spesifikasi hardware seperti yang tertera pada "system requirement" pada game tersebut.
Jika kasus ini terjadi pada laptop kemungkinan besar adalah karena chipset VGA kamu memang sudah lemah, cara memberbaikinya pernah saya bahas pada artikel Cara memperbaiki Chipset VGA Laptop. adapun ciri-ciri kerusakan chipset VGA pernah saya bahas disini.
Nah sampai disini dulu artikel kali ini, semoga artikel penyebab dan cara memperbaiki Komputer Mati Sendiri ini dapat membantu menyelesaikan permasalahan teman teman sekalian. jika solusi diatas masih dirasa perlu ada yang ditambahkan mohon temen tulis di kolom komentar. Karena berbagi ilmu itu tidak akan membuat kita rugi, sekian dan salam!




2 Responses to "Penyebab dan cara memperbaiki Komputer Mati Sendiri"