Cara mengatasi blank screen pada laptop

Advertisement
Pada masalah ini biasanya pada saat kita menyalakan laptop maka tidak akan muncul menu bios dan juga tidak akan bisa masuk ke operating sistem. nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara mengatasi masalah seperti yang saya jelaskan diatas.

Untuk mengatasi masalah blank screen pada laptop ada beberapa cara, (ini yang pernah saya praktekkan gan) dan dari beberapa ada yang berhasil dan ada yang tidak berhasil. maka nanti sobat coba aja satu persatu ya...


Cara pertama :
  1. tekan-tekan shift kiri dengan tempo 1/1detik dengan durasi 1 menit
  2. kalau sudah nyalakan laptop

Cara kedua :
  1. Lepaskan baterai dan juga termasuk charger
  2. Tekan tahan tombol power selama kurang lebih 30-60 detik kemudian lepaskan
  3. Colokkan charger (baterainya ngga usah ya) kemudian tekan tombol power (kalau berhasil ya syukur, kalau belum masuk juga tunggu hingga mati sendiri gan)
  4. Kalau sudah mati sendiri, pasang baterai beserta charger. kemudian nyalakan. kalau belum berhasil juga, coba cara selanjutnya
Cara ketiga :
Cara ketiga ini cukup rumit gan, karena kita akan melepas baterai CMOS sehingga butuh keberanian untuk membongkar laptop. tutorialnya cari saja di youtube gan, keywordnya cara bongkar cara bongkar spasi model laptop kamu. oke, berlanjut ke caranya ya gan.
  1. Sebelum mencoba mencopot baterai cmos coba dulu cara ini gan, lepas RAM kemudian nyalakan kira kira 10 detik. matikan dengan cara menahan tombol power kemudian pasang RAM dan nyalakan kembali. (eits ingat sebelum copot RAM keluarkan dulu baterai dan chargenya)
  2. kalau belum berhasil, ya terpasksa di bongkar total gan. kemudian cabut baterai CMOS tunggu kira-kira 30 detik pasang dan nyalakan kembali. 
nah kalau sampai cara ini belum berhasil juga, itu berarti ada hardware kamu yang emang udah damaged alias rusak gan, kemungkinan besar RAM / Motherboard.

oke sekian, mungkin ini saja yang bisa saya sampaikan. semoga bermanfaat.

99 Responses to "Cara mengatasi blank screen pada laptop"

  1. mas kalo laptop saya sony vaio,, kluhannya ngblank tapi kalo star prtamanya normal kyak biasa tapi kalo dah masuk ke menu desktop malah ngga ada tampilannya(blank) solusinya gi mana yah,,,,

    ReplyDelete
  2. mas kalo laptop saya sony vaio,, kluhannya ngblank tapi kalo star prtamanya normal kyak biasa tapi kalo dah masuk ke menu desktop malah ngga ada tampilannya(blank) solusinya gi mana yah,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada beberapa kemungkinan, kalau laptop kamu terasa berat kemudian mati sendiri bisa berarti itu karena program yang berjalan pada saat startup terlalu banyak sehingga memaksa laptop untuk bekerja ekstra.

      Kemungkinan yang kedua masalah terdapat pada OS kamu, cara ceknya masuk ke bios dengan cara tekan F2 setelah menekan tombol power. kalau tidak terjadi apa-apa (tidak ngeblank) saya sarankan untuk reinstall OS saja. dengan reinstall OS komputer tidak akan blank lagi.

      Delete
    2. @bayu wibowo : sama gan punya sy jg kek gitu , gara* buat main pb semalaman

      Delete
  3. laptop saya blank screen, gara gara nya seh buat game semalaman...
    bagai mana supaya laptop saya bisa kembali ke semula muncul tampilan aplikasi nya.. tolong info nya yah

    ReplyDelete
  4. makasih gan laptop saya juga gitu akan ssaya coba gan.thanks ya

    ReplyDelete
  5. laptop saya pas ngerjakan tugas kadang ngeblank gan,beberapa saat kemudian tampil lg dan program tetap jalan.gmn tuh gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pada kasus agan mungkin disebabkan chipset grafiknya terlalu banyak debu yang menempel, coba dibongkar dan bersihkan menggunakan kuas yang sudah dibasahi dengan thiner, semoga berhasil :)

      Delete
  6. Bang , laptop saya nyala normal , tapi saat mencet tombol power , emang nyala , tapi monitor blank hitam ga mau nyyala , kenapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba menggunakan lcd external dulu, kalau masih blank juga bisa jadi chipset grafiknya udah lemah. Coba bongkar dan rehot chipshet menggunakan hair dryer +- 10 menit. Kalau ttep gabisa juga musti diganti chipsetnya.

      Delete
  7. Bang,kalo di instal ulang bisa ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak akan bisa karena masuk bios pun gabisa, coba saran komentar saya diatas.

      Delete
  8. dinara sania maheswariJune 27, 2014 at 6:41 PM

    laptopku sony vaio juga , dihidupkan bisa terus ada tulisan VAIO .. habis itu udah blank, cuma kelihatannya pointer mouse nya aja. aku udah kunjungi blog mana saja, dan udah kucoba tapi hasilnya sama aja. tolong infonya ya gan secepatnya. trims

    ReplyDelete
  9. Mas laptopku samsung ngeblang setelah aku install theme. Trus restart lalu blang

    ReplyDelete
  10. thank you gan infonya.. luph you :D

    ReplyDelete
  11. thank you gan,,,,,
    B-)
    :)

    ReplyDelete
  12. Gan, lptop ane blank screen setelah ane bersih in memori nya. Ane dh coba cara diatas, tp msh nihil gan,
    Kosongin daya, lepas bterai tetep g bs..konek monitor ext jg g bs. Lmpu power nyala, tp lmpu kerja prosesor mati total ga, ane dngerin suara kipasnya pelan bgt,. G kyk biasanya.
    Tolong solusinya mnurut agan.
    Thanks sblmnya gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ngga bisa masuk bios Rehot chipshet VGA nya gan. minta tolong sama tukang servis.

      Delete
  13. Gan an udah coba cara ke dua tp gak mati sendiri malah kluar startup repair
    Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau lewat cara startup repair tetapi tidak berhasil, saya sarankan untuk install ulang saja.

      Delete
  14. notebook ane layar hitam hanya kursor aja yg Ada....
    ane coba safe mode untuk recovery malah layarnya hitam juga...
    ane coba tekan ctrl alt del trus cari task manager, taskmgr.exe application error n gk bisa di buka...
    cara mngatasinya gimana gan ???

    ReplyDelete
  15. gan laptop saya pas dinyalain keluar logo toshibanya tapi cuman setengah (sebelah kanan doang) terus setelahnya gak muncul apa2 setelah ditunggu lama itu solusinya gimana ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di cek biosnya mas, HDDnya kedetect apa tidak. jika tidak terdetect kencangkan socket HDDnya. jika terdetect coba masuk menggunakan safe mode. tekan F8 setelah muncul logo toshiba

      Delete
  16. Gan, laptop ane compaq cq43 setiap dihidupin black screen trus mati klo udah 1 menitan ane hidupin lagi masuk bios ane tunggu 1 menitan laptop a mati lagi pdahal itu masih masuk bios, trus ane reset batre cmosnya ane nyalain tete kya gitu gan... ada solusi lagi gan? Kta temen ane kta a diupdate biosnya, soal a matherboard sma ram n hdd a normal, gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pernah menangani kasus hp cq43 tetapi berbeda seperti punya agan, Kalau masih bisa masuk bios mungkin masalah hanya pada biosnya saja solusinya ya update bios. tetapi kalau pertama dinyalakan hanya ada suara fan (kipas) saja itu permasalahan terletak pada chipshet VGA nya. bisa di atasi dengan rehot menggunakan HOT air gun pada chipshet VGA nya.

      Delete
  17. Gan minta bntuannyaa.. notebook ane xlo di buka lgsung muncul library. Xlo ane tutup warna layar itu item ga bsa buat apa". Trus carany hrus gmn ya biar normal lgyyy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Recomend di reinstall aja OS nya gan, biar lebih fresh. system agan ada yang corupt

      Delete
  18. Gan minta bntuannyaa.. notebook ane xlo di buka lgsung muncul library. Xlo ane tutup warna layar itu item ga bsa buat apa". Trus carany hrus gmn ya biar normal lgyyy

    ReplyDelete
  19. bro..tx ya tipsnya.. ane tdinya udh putus harapan...mau d bawa ke service waktunya gak nyandak...pdhl banyak kerjaan yg hrs d selesaikan...akhirnya stlh ngikut tips ente...laptop ane skrg udh bs d pake lagi... tks yaa

    ReplyDelete
  20. Gan punya saya udah di dektop kok keluar windows explorer has stopped working. Itu kenapa ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. VIRUS GAN, Reinstall OS aja. semua file dengan extensi .exe dihapus dulu sebelum di reinstall.

      Delete
  21. gan laptop saya tidak mau masuk ke destop . hanya muncul blank warna hitam dan cursor . gimana cara nya tu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba masuk ke safe mode gan, begitu laptop dinyalakan silahkan tekan tekan F8. setelah masuk ke dekstop ubah setingan startup menjadi diagnostic startup dari msconfig melalui start menu.

      Delete
  22. Gan. Laptop saya black screen asus a450c stlah make win 8.1 bntuin dong gan. Udj coba f8 gg ada efekny

    ReplyDelete
    Replies
    1. tolong lebih spesifik lagi mas, apakah masih bisa masuk bios (caranya tekan f2 atau del setelah menekan power). atau cuman kipasnya aja yang jalan? untuk windows 8.1 emang agak sulit nyantol di safe mode mas, kalaupun nyantol itu jarang sekali mas, coba gunakan boothabelnya untuk repair windows. kalau cuman kipasnya aja yang jalan dan tidak bisa masuk bios kemungkinan itu chipshet vganya mas. bisa diperbaiki seperti rekomendasi saya ke mas wildan diatas

      Delete

    2. Jdi gini gan. Tombol power aja yang nyala kipas ny juga gg jalan. Trus saya coba lepasin batrai trus pasang lagi tombol power ny cuma hidup 4 detikan trus mati sndiri. Klo saya lepas lagi trus pasang lagi kembali sperti pertama cuma nyala power ny aja gan.
      Mohon solusiny gan saya kurang ngerti rehot pake hot air gun

      Delete
    3. Kalau tidak salah saya juga pernah menangani masalah yang sama seperti mas wanda, pertama kali dinyalakan memang kipas tidak berputar mas kalaupun berputar haya lambat sekali seperti tidak berputar. tetapi setelah beberapa detik/menit kipas berputar sangat cepat kemudian berhenti lagi. saya atasi dengan cara seperti rekomendasi saya ke mas wildan diatas.

      Intinya ini mas, chipshet grafik pada laptop agan sudah lemah. cara untuk memperbaiki dengan memanaskan chipshetnya menggunakan hot air gun tadi. untuk lebih jelasnya mungkin akan saya bahas pada artikel saja mas. ditunggu ya. trimakasih

      Delete
    4. silahkan mas wanda baca cara memperbaiki chipset vga pada laptop yang saya bahas pada artikel ini http://caramudahuntukmu.blogspot.com/2015/01/cara-ampuh-memperbaiki-chipset-vga-pada-laptop.html

      Delete
  23. gan laptop sy hp pas nyalain welcome tpi stelah itu.. black screen... gmna itu gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sistemnya bisa berjalan normal apa tidak? jika ya akitifkan windowsnya menggunakan windows loader/ windows activator.

      jika hanya muncul kursor saja, coba masuk di safe mode dengan cara menekan f8 sebelum masuk ke windows kemudian setelah sistem berjalan di safe mode masuk ke msconfig lanjutkan dengan menceklist diagnostig startup pada general option. setelah itu restart

      Delete
  24. Laptop saya asus a46cb wx231d. Bisa nyala tp pas masuk dekstop blank. Masuk bios bisa, tp ane nggak tau harus diapain lagi gan. Mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama seperti komentar diatas gan, coba masuk di safe mode dengan cara menekan f8 sebelum masuk ke windows kemudian setelah sistem berjalan di safe mode masuk ke msconfig lanjutkan dengan menceklist diagnostig startup pada general option. setelah itu restart

      Delete
    2. Udah ane coba ttp gak mau gan

      Delete
    3. sepertinya jalan satu-satunya harus install ulang gan

      Delete
    4. Udah saya install ulang, alhamdullilah bisa gan :')

      Delete
  25. Gan abis instal thema malah corupt,,bios masih bisa masuk tp instal ulang hddnya ga detect

    ReplyDelete
  26. Gan abis instal thema malah corupt,,bios masih bisa masuk tp instal ulang hddnya ga detect

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kasih tau notifikasinya gan? mungkin saya bisa bantu

      Delete
  27. Gan klo diinstal ulang apakah data yg ada di laptop pada hilang semua?

    ReplyDelete
  28. Gan klo diinstal ulang apakah data yg ada di laptop pada hilang semua?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak juga gan, hanya partisi yang akan digunakan untuk install OS saja yang hilang. Jika masih bisa berjalan dengan normal lebih baik backup dulu data yang ada di partisi untuk install OS. Jika OS sudah tidak bisa berjalan dan ingin mengamankan data yang ada di partisi C gunakan Boothable yang dilengkapi fitur EMS enable.

      Delete
  29. Mas laptop saya compaq cq40 pas dinyalain kok suara kipasnya pertama keras trus langsung pelan banget trus tombol capslock sm scrollnya kedap kedip trus mas mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya chipshet VGA nya mas, monggo baca artikel ini http://caramudahuntukmu.blogspot.com/2015/01/cara-ampuh-memperbaiki-chipset-vga-pada-laptop.html

      Delete
  30. Gan, maaf melenceng, laptop kalo di shutdown, tapi masih hidup cuma lcd na yg mati, itu gmna gan.mohon pencerahan

    ReplyDelete
  31. Thanks sob untuk informasinya :)
    http://goo.gl/QYI8Bm

    ReplyDelete
  32. Gan Help Me, Laptop pas di idupin Ada tulisan "A disk read error ocurred"
    mau di install ulang biar fresh eh mas starting malah blank hitam cm ada gambar tanda mouse....
    Mohon bantuannya gan..... Thanx

    ReplyDelete
  33. Bang laptop saya saat dinyalakan biasa2 aja,,, tp pas mskin password & ke desktop tbtb ngeblank? Ini gmn caa betulinnya ya? Mahal gk betulinnya? Thanks

    ReplyDelete
  34. Gan sy pke notebook toshiba tpi masalahnya tuh pas dinyalakan ada logo tpi setelah itu langsung blnk warna hitam, terakhir gua main game sambil cas make generator.

    ReplyDelete
  35. gan klo ane menunya ga muncul2x tpi backgroundnya ada, gmna tuh gan?

    ReplyDelete
  36. mas laptop samsung saya msih blm jadi,setiap tekan tombol power layarnya hitam

    ReplyDelete
  37. Gan punnyaku lenovo.hidup tp layar hitam...solusinya gmana....

    ReplyDelete
  38. Gan laptopq hp pavilion g4 2002 blankscreen...kalau bootable linux via cd lancar2 saja, kira2 apanya y?

    ReplyDelete
  39. Gan laptop ku asus pas aku hidupin ada muncul tulisan asus tapi tiba tiba black screen gan.pas coba matiin lampu nya kedip kedip gan udah nyoba caranya tapi ga bisa gan

    ReplyDelete
  40. Gan laptop punya saya layarnya ngeblank hitam, tapi semuanya tetep nyala normal , diakibatkan terkena benturan. Solusinya gimana ya gan?

    ReplyDelete
  41. Gan minta tolong laptop ane jadi blank gara" update driver terus gak bisa masuk bios lalu teken ctrl+alt+del gak ngaruh, shift+f8 gak ngaruh juga laptop masih baru tolong solusinya gan trimakasih

    ReplyDelete
  42. Gan kalo laptop saya mau hidup tapi udah d tekan entet layar nya hitam gan . Trus lampu lednya gag hdup gan
    Gmna cranya tu gan agar layarnya kembali k semula . Terimaksih gan

    ReplyDelete
  43. gan notebook vaio ane klo d'idupin g ada tampilan dekstop,cursor jga g ada,blank,klo rusak vga g mungkin, mohon pencerahannya gan

    ReplyDelete
  44. gan laptop ane kalau direstart tdk mau muncul start menu atau blang hitam knpa ya gan, butuh pencerahan gan

    ReplyDelete
  45. gan ane mo tnya laptop toshiba ane knp tiap dinyalain cm stuck di logo toshiba,gk bisa ke bios. ram sama hd di cek gk da masalah. apa kmungkinan mobo,y? klo bnr apa msih bisa di perbaiki? tlong pncerahan,y

    ReplyDelete
  46. Gan laptop saya toshiba.. Kl dnyalain tu hnya muncul logo aj.. Itu stelah g dpke skitar 2 mingguan gan... Mohon pencerahanny y gan...trims...

    ReplyDelete
  47. Terimakasih ilmunya gan sangat bermanfaat, tadinya mau lari ketempat service alhamdulilah ga jadi berkat pencerahannya

    ReplyDelete
  48. notebook saya layarnya hitam terus cuma ada kursornya saja dan baterainya gak bisa di lepas terus gimana cara memperbaikinya?

    ReplyDelete
  49. notebook saya layarnya hitam terus cuma ada kursornya saja dan baterainya gak bisa di lepas terus gimana cara memperbaikinya?

    ReplyDelete
  50. Gan mau tanya, punya saya netbook HP mini, awal nya saya instal ulang trus saya installin driver nya ambil dri google. Trus abis saya restart malah ngebleng hitam gak nyala gitu monitor nya. Tpi indikator power dll nya hidup. Itu apa nya ya yg rusak..??

    ReplyDelete
  51. Mas leptop saya merk acer V5-471 series ketumpahan
    air tp pas dinyalain malah ngeblank cm ada kursor. Gimana cara memperbaikinya?

    ReplyDelete
  52. Mas leptop saya merk acer V5-471 series ketumpahan
    air tp pas dinyalain malah ngeblank cm ada kursor. Gimana cara memperbaikinya?

    ReplyDelete
  53. Kak, kalo laptop layar monitornya nyala, kursor masih bisa gerak, tapi ga ada tampilan gambar kenapa ya? Apa lcd nya rusak?

    ReplyDelete
  54. Kak, kalo laptop layar monitornya nyala, kursor masih bisa gerak, tapi ga ada tampilan gambar kenapa ya? Apa lcd nya rusak?

    ReplyDelete
  55. Mohon ijin bertanya gan laptop saya asus x455l. Saya nyalain nyala tp aplikasi yg d dekstop pada ga muncul...cursor bisa d geser2..tp untuk klik kanan.kiri ga bisa...cuma loading doank...gmn gan?

    ReplyDelete
  56. Gan laptop ane advan m4-54232 .. saat dinyalain blank hitam kemudian lampu lcd deket kamera hidup terus... nah ane coba langkah langkah di atas sempet lcd nya nyala tapi kedip kedipan kisaran 15 detik blank putih kmudian blank hitam lagi... ane matiin lagi udah blang hitam lagi... di colokin sama lcd external ga myncul sama sekali... mohon pencerahannya gan

    ReplyDelete
  57. Terimkasih gan setelah coba cara kedua langsung nyala terimakasih banget coba kalo ngak liat blog ini mungkin dah dimarahin ama Papa

    ReplyDelete
  58. Terimkasih gan setelah coba cara kedua langsung nyala terimakasih banget coba kalo ngak liat blog ini mungkin dah dimarahin ama Papa

    ReplyDelete
  59. boleh minta solusinya gk mas,,
    lptop sy acer masalahnya nge-blank tp bukan blank warna hitam tp warna putih,, kmrin-kmarin ktka kita pkai ngetik atau nnton video tiba-tiba nge-blank warna putih tp skrng waktu dinyalain langsung putih semua,.solusinya apa mas??

    ReplyDelete
  60. Kalau cara kedua bisa berhasil ngak gan

    ReplyDelete
  61. Mas mau nanya,laptop saya pas di nyalain , dia nyala dengan lcd tapi gak muncul apa2, logo Asus gak muncul juga, cara mengatasinya gimana ya?

    ReplyDelete
  62. Gan.. Laptop saya black sreen dikarenakan mau star laptop.. Tpi ujung ujung nya tidak hdup hdup layarnya

    ReplyDelete
  63. Masyaallah kau pinter banget un jasa mu tak pernah ku lupakan beberpa pertanyaan kau selalu jawab dengan senang hati tanpa imbalan

    Thanks um

    ReplyDelete