Cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi

Advertisement
Cara mudah untukmu - Dibawah ini adalah pembahasan tentang cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak bisa berfungsi. saya akan mencoba menjelaskan cara mengatasinya dengan metode yang sesimpel mungkin supaya sobat bisa memahaminya dengan mudah.
Pada dasarnya kerusakan keyboard ini adalah karena keybord tidak bisa bekerja dengan benar, hal ini bisa disebabkan oleh dua hal.
  1. Karena fungsi tombol FN (Function yang masih aktif)
  2. PCB keyboadnya kotor, akibatnya keyboard tidak berfungsi
Nah, kita akan membahas masalah keyboard yang disebabkan fungsi FN yang masih aktif. pada masalah ini biasanya ketika menekan tombol M,J,K,L,U,I,O Maka yang muncul malah angka 0,1,2,3,4,5,6.

Cara mengatasinya hanya dengan menon aktifkan fungsi FN nya saja, caranya tekan tahan tombol FN pada keyboard kemudian tekan salah satu nomor yang ada di huruf yang tertukar tadi kemudian lepaskan bersamaan. letak tombol Fn ada diantara tombol Ctrl dan windows.
Untuk memperbaiki keyboard yang kotor perlu tindakan pembongkaran sehingga perlu persiapan mental untuk melakukan hal ini.
Urutan cara memperbaikinya adalah sebagai berikut :
  • Lepaskan baterai, dan juga charger
  • Lepas keyboard dari laptop/notebook
  • Lepaskan semua tombol yang ada pada keyboard, tidak ada salahnya sobat foto dulu keyboardnya supaya nanti tidak mengalami kesilitan saat memasangnya kembali

  • Bersihkan PCB keyboard menggunakan thiner/alcohol/air hingga bersih, kemudian keringkan menggunakan hair driyer hingga benar benar kering. pasang kembali keyboard pada laptop.
Jika cara diatas berlum berhasil, ulangi sekali lagi pada tombol yang masih mengalami masalah. dan jika setelah diulang berulangkali tetapi tidak ada hasilnya juga, lebih baik sobat beli keyboard yang baru saja karena kemungkinan jalur PCB keyboardnya sudah ada yang terputus. silahkan tinggalkan komentar apabila ada tambahan cara untuk memperbaiki keyboard untuk lebih menambah pengalaman kita semua.

5 Responses to "Cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi"