Cara mengatasi error 404 pada webmaster

Advertisement
Artikel ini saya buat dengan tujuan untuk membantu mereka yang mengalami masalah error 404 pada webmaster. seperti yang pernah saya alami ketika saya membuka alat webmaster dan menemukan beberapa permasalahan yaitu muncul pemberitahuan kesalahan perayapan dengan error code 404

maksud dari eror 404 adalah tidak bisa dibukanya link yang mengarah pada artikel yang telah dihapus sebelumnya atau bisa juga karena kesalahan penulisan link yang tercantum dalam artikel blog, hal ini tentu akan sedikit membuat jengkel para pengunjung blog dan akan mengakibatkan pengunjung pergi begitu saja dari blog kita. tentunya ini akan merugikan bukan? maka dari itu kita perlu melakukan upaya antisipasi untuk memperbaiki kesalahan tersebut ( error 404 ) supaya blog kita tetap seo & friendly. 
Beberapa link dengan kode error 404
untuk memperbaiki error kode 404 pada webmaster bisa kita antisipasi dengan mengalihkan broken link ke halaman utama blog kita atau dengan cara mengalihkan ke artikel lain yang membahas tentang hal yang sama dengan link yang telah rusak atau dihapus. nah dengan cara ini kita harapkan dapat sedikit menggobati kekecewaan pengunjung karena tidak dapat menemukan artikel yang dicarinya dan tidak langsung kabur begitu saja dari blog kita. langsung simak saja caranya berikut ini :
  • Buka dashboard blogger 
  • Langsung menuju ke setelan > preferensi penelusuran
  • Kemudian pada kesalahan dan pengalihan isi dengan script dibawah ini
Maaf, link tersebut telah saya hapus, Anda akan segera dialihkan ke halaman utama. <script type = "text/javascript">BSPNF_redirect = setTimeout(function() {location.pathname= "/"}, 5000);</script>
Keterangan  : Ganti kata yang berwarna biru sesuai dengan keinginan kamu, nantinya kata tersebut akan muncul sebelum pengunjung dialihkan ke halaman utama. kemudian dengan angka 5000 itu mewakili berapa detik pemberitahuan akan muncul sebelum dialihkan ke halaman utama 5000 untuk 5 setik, 4000 untuk 4 detik dan seterusnya.

  • Jika ingin mengalihkan ke url khusus silahkan gunakan script berikut :
Maaf, link tersebut telah saya hapus, Anda akan segera dialihkan ke artikel lainnya <script type = "text/javascript">BSPNF_redirect = setTimeout(function() {location.href= "http://caramudahuntukmu.blogspot.com/2013/01/cara-membuat-facebook.html"}, 5000);</script>
Keterangan : Pengunjung akan dialihkan ke link yang berwarna merah (ganti dengan link keinginan kamu) setelah 5 detik pemberitahuan seperti teks warna biru.
Setelah script dmasukkan kemudian simpan
  • Langkah selanjutnya memperbaiki pada alat webmaster, caranya ceklist semua link yang mengalami error code 404 kemudian klik tandai telah diperbaiki.
Dengan cara yang saya bahas diatas, tentunya akan membuat blog kita lebih SEO atau setidaknya lebih friendly lagi dengan pembaca, sekian dari saya semoga bermanfaat.

2 Responses to "Cara mengatasi error 404 pada webmaster"

  1. terima kasih gan.. ini adalah jalan untuk memecahkan masalah yang ada di blog saya.
    Sukses selal.
    Salam :
    www.miniblogger28.com

    ReplyDelete