Komputer tidak mau menyala

Advertisement
Siang sobat cara mudah, kali ini kita akan membahas tentang komputer yang tidak mau menyala. ada beberapa kemungkinan mengapa komputer tidak mau menyala. kita akan bahas lebih dalam, langsung menuju permasalahan ya gan.
  • untuk memperbaiki komputer yang tidak bisa menyala pertama kali sobat bisa tekan tombol powernya terlebih dahulu, lalu dengarkan ada suara beep atau tidah sama sekali.
  • kalau tidak ada suara beep bisa sobat mulai terlebih dahulu dengan mencabut RAM nya ( cable power dicabut dulu ya ) kemudian sobat tekan tombol power ( jangan pasang dulu RAM nya ) kalau ada bunyi tit-tit-tit-tit dengan tempo cepat sobat jangan kaget dulu, justru itu menandakan kalau komputer sobat normal. kalau tidak ada bunyi sama sekali bisa terjadi ada salah satu hardware yang mengalami kerusakan. ( kemudian matikan dengan menekan + menahan tombol power hingga mati komputer mati)
  • kalau sudah mati pasang lagi RAM nya, kemudian nyalakan komputer. kalau tidak ada perubahan ( komputer tidak menyala ) kita lakukan dengan  cara lain yaitu me reset biosnya.
Cara me reset bios melalui jumper :
  • sobat cari dulu jumpernya
  • pada posisi normal biasanya seperti ini ( atau saya menyebutnya posisi 1-2 )
  • untuk me resetnya matikan komputer dan pindahkan ke posisi 2-3 kemudian nyalakan kira kira 30 detik, matikan dengan menekan + tahan tombol powernya.
  • kembalikan ke posisi 1-2 dan nyalakan komputer, dan beep komputer anda akan menyala :)
NB : Setelah bios direset, jam dan format tanggal akan berubah, silahkan cocokkan terlebih dahulu.
sekian dari saya semoga membantu ya sobat.

2 Responses to "Komputer tidak mau menyala"

  1. artikelnya cukup bagus, tp ini untuk model computer ya bgm, krn saya buka computer dirumah g da yg posisinya seperti digambar, mungkin bentuknya lain lagi, klo boleh diupload model komputer yg lain dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. bentuk jumper memang ada yang berwujud saklar, tetapi utuk teorinya sama saja dengan yang berbentuk pin. untuk mencarinya bisa dilihat pada motherboard cari tulisan JCMOS,letak jumpernya ada disamping tulisan tadi.

      Delete