Cara melindungi blog dari komentar spam

Advertisement
Masih tentang blogging tutorial, kali ini kita akan membahas tentang cara melindungi blog dari komentar spam. ada beberapa alasan mengapa pengunjung melakukan hal ini. yang jelas ujung-ujungnya untuk meninggalkan backlink sehingga menguntungkan pengunjung tadi karena pageranknya meningkat. dan yang lebih menyebalkan lagi, ada yang iseng meninggalkan beberapa link yang didalamnya terkandung bisnis online dan situs dewasa dan situs tidak penting lainnya.
lalu apakah hal ini meguntungkan pemilik blog? tentu saja tidak justru malah sebaliknya (menurut saya). dari beberapa artikel yang perah saya baca dari hasil googling terlalu banyak link yang menempel pada blog akan mengakibatkan baned dari pihak google atau paling tidak akan menurunkan rank.selain itu para pemberi komentar enggan berkomentar karena menilai blog kita hanyalah blog ecek-ecek.
nah, karena itu perlu dilakukan tindakan untuk melindungi blogdari komentar spam, langsung simak pembahasannya berikut ini:

cara melindungi blog dari komentar spam 
  • login ke akun blogger kamu
  • pilih menu setelan >> Pos dan komentar >> setting seperti dibawah ini
  • izinkan komentar hanya untuk pengguna terdaftar atau pengguna akun google saja, hal ini akan membuat efek jera para pemberi komentar spam karena dinilainya ribet.
  • pada moderasi komentar pilih selalu sehingga komentar tidak akan muncul sebelum mendapat konfirmasi dari pemilik blog.
  • munculkan juga verifikasi kata untuk mengindari komentar dari komentar robot
  • sembunyikan tautan balik.
  • selanjutnya, untuk mem block link aktif menjadi tidak aktif lakukan hal berikut : masuk ke bagian template >> edit html >> cari kode </body> kemudian copy code dibawah ini tepat diatasnya.
<script type='text/javascript'>
$(function() {
$('#comment-holder p').find('a').remove();
});
</script>

  • kemudian simpan template, dan blog sobat pun telah terlindungi dari komentar spam. 

4 Responses to "Cara melindungi blog dari komentar spam"