Beberapa penyebab komputer sering restart sendiri

Advertisement
Selain komputer hang ada lagi permasalahan yang biasanya membuat jengkel. Tidak lain permasalahan tersebut adalah komputer yang sering restart sendiri. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang penyebab komputer sering restart sendiri, simak pembahasan tentang cara mengatasi komputer yang sering restart sendiri dibawah ini:

  • Mungkin kerusakan terjadi pada power supply anda
Hal ini bisa terjadi karena tegangan listrik yang tidak stabil atau mungkin usia power supply anda yang sudah terlalu tua sehingga terpaksa harus diganti dengan yang baru, untuk mengecek apakah power supply anda bermasalah silahkan pinjam power supply teman anda kemudian pasang di komputer anda dan lihat apa yang terjadi. jika masih tetap restart sendiri berarti permasalahan bukan pada power supply anda.
  • listrik tidak stabil atau tegangan nya terlalu rendah.
Contoh kata seperti ini gunakan ups menghindari komputer restart sendiri. Gunakan juga stabilizer untuk menstabilkan tegangan listrik.
  • System corrupt
Pada kasus ini biasanya computer sering restart sendiri ketika komputer pertama kali dinyalakan, satu satunya cara untuk memperbaiki masalah ini adalah dengan cara instal ulang sistem operasinya.
  • RAM yang terpasang terlalu kecil
Pada kasus ini komputer akan restart sendiri ketika menjalankan program yang memerlukan kapasitas ram yang besar seperti contohnya ketika menjalankan game yang membutuhkan Ram 2gb sedangkan ram yang terpasang pada komputer hanya 1gb. Solusi untuk masalah ini adalah dengan menambahkan kapasitas ram pada komputer. 
  • komputer terserang virus
Beberapa jenis virus bisa saja menyebabkan komputer menjadi restart sendiri, jadi tidak ada salahnya memasang antivirus pada komputer anda. jangan lupa usahakan update antivirus ketika ada pembaruan versi.
  • Prosesor terlalu panas
Istilah untuk masalah ini adalah overhead, ini bisa terjadi ketika kipas pada headsink tidak berputar dengan normal atau pasta pada prosesor mulai kering. solusinya adalah dengan mengganti kipas yang sudah tidak berjalan dengan normal dan juga memberikan pasta pada headsink yang menempel pada prosessor.

Nah itu tadi beberapa penyebab komputer sering restart sendiri semoga dengan artikel ini bisa menghindarkan sobat sekalian dari masalah komputer sering restart sendiri. Sekian salam cara mudah.

0 Response to "Beberapa penyebab komputer sering restart sendiri"

Post a Comment