Tips merakit Komputer

Advertisement
Artikel ini saya buat untuk membantu sobat yang ingin merakit komputer sendiri, langsung saja kita menuju ke TKP ya.

Tips memilih hardware
  • Memilih Processor
Pilih prosesor sesuai dengan kebutuhan saja, ada dua macam jenis Processor sebut saja Intel dan AMD. Untuk kebutuhan office saya sarankan gunakan Processor intel, untuk komputer gamer gunakan processor AMD. (Bukan berarti AMD Lebih bagus dibanding Intel, Hanya saja prosessor AMD lebih ramah di biaya daripada intel. kesimpulannya Intel = Stabil tapi dingin, AMD = Lebih murah tapi lebih panas dari intel)

  • Memilih Motherboard
Pilih motherboard juga sesuai kebutuhan, Jika hanya untuk office pilih motherboard dengan   dengan VGA onboard saja. Kalau untuk game pilih motherboard yang ada Socket VGA nya (usahakan support dengan VGA seri terbaru) tentunya sesuaikan dengan dana kalian.

  • VGA Card
VGA saya sarankan hanya untuk Komputer desain grafis dan Gamer saja, usahakan memilih VGA series terbaru  dan saya sarankan menggunakan VGA diatas 512Mb 128bit.
  • RAM
Besar kecilnya RAM sangat mempengaruhi kecepatan dan stabilnya sistem kalian, jika kalian menggunakan OS XP gunakan ram minimal 256mb. jika menggunakan OS WIN7/WIN8 saya sarankan menggunakan RAM diatas 1GB (Tergantung dana sobat).

  • Hardisk 
Pilih hardisk juga sesuai kebutuhan, kalau hanya untuk office pilih hardisk minimal 80GB, Kalau sobat termasuk gamer pilih hardisk diatas 320GB (Mengingat semakin hari size game yang semakin besar hingga mencapai belasan Gigabyte)

  •  Optical
Pilih DVD dengan kecepatan membaca minimal 16x sampai dengan diatas 52x dan untuk office gunakan CD saja karena akan sedikit menghemat biaya.

  • Casing/Power suplay
Yang jelas kalau untuk gamer saya sarankan gunakan PSU diatas 450watt, untuk kasingnya pilih sesuai selera. 


 Oke, sekian tips merakit komputer dari saya, semoga sedikit membantu. salam :)




0 Response to "Tips merakit Komputer"

Post a Comment