Pengertian gambar vektor

Advertisement
Bila pada artikel pengertian gambar bitmap saya telah menjelaskan tentang apa itu gambar bitmap, kemudian kelebihan dan kekurangan gambar bitmap juga pernah saya sharing. maka pada pembahasan kali ini saya akan membahas tentang gambar vektor.

Pengertian : Gambar vektor adalah gambar yang tersusun dari sekumpulan kurva, garis dan bidang tertentu dengan menerapkan cara-cara yang masing-masing didefinisikan secara matematis. yang perlu sobat bloger kerahui, gambar vektor ini tidak dipengaruhi oleh titik pixel atau resolusi gambar.
oleh karena itu, walaupun gambar ini diperpesar hingga tanpa batas pun tidak akan mengalami penurunan kualitas gambar (atau gambarnya pecah) seperti gambar bitmap.


Dibawah ini contoh gambar vektor yang tidak pecah walaupun terjadi perubahan ukuran, saya contohkan menggunakan program aplikasi CorelDraw.

Gambar sebelum mengalami pembesaran

Gambar setelah saya perbesar hingga bagian kerah (tidak mengalami penurunan kualitas gambar)

Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan gambar vektor? semuanya akan sala bahas pada artikel kelebihan dan kekurangan gambar vektor.

0 Response to "Pengertian gambar vektor"

Post a Comment