Cara menajamkan hasil cetakan printer laser

Advertisement
Cara menajamkan hasil cetakan printer laser, Diantara masalah yang sering timbul pada printer laser adalah berkurangnya ketajaman pada hasil cetakan. biasanya pada kasus ini hasil cetakan akan sedikit memudar dan kehitaman dari cetakan akan berkurang ( hasil cetakan tidak bisa hitam pekat ). untuk memperbaiki permasalahan tersebut disini saya akan membahas tentang cara menajamkan hasil cetakan printer laser sehingga hasil cetakan akan menjadi hitam pekat kembali.

sebelum melakukan perbaikan pada printer dibutuhkan mental yang kuat untuk membongkar printer laser yang sobat miliki. jangan sampai nanti menyesal kalau nanti hanya bisa membongkar saja tetapi tidak bisa memasangnya kembali hehe. (pelan pelan aja gan, pasti berhasil kok).
nah, untuk memperbaiki printer laser yang tidak tajam tidak akan saya berikan contoh cara membongkarnya karena setiap printer laser bisa saja cara membukanya berbeda antara satu dengan yang lain.

ada beberapa hal yang mungkin mengakibatkan hasil cetakan tidak tajam, diantaranya :
  1. Tonernya sudah habis, sehingga perlu di refill terlebih dahulu.
  2. OPC drum nya sudah lemah, OPC drum ini berfungsi untuk pembentuk pola. sehingga kalau komponen ini sudah lemah perlu untuk menggantinya terlebih dahulu. harganya sekitar 80rb
  3. Komponen kotor sehingga perlu dibersihkan dengan cairan khusus.
Nah untuk masalah no 3 komponen yang biasanya kotor seperti pada gambar dibawah :
Bersihkan menggunakan cairan khusus (kalau tidak ada biasanya saya menggunakan tisu basah) kemudian kemudian keringkan menggunakan tisu kering yang lembut. 
CATATAN : Khusus untuk Magnetic roller slave-nya keluarkan magnetnya dan bersihkan dulu toner yang masih menempel pada komponen menggunakan tisu kering dilanjutkan dengan menggunakan tisu basah dan mengeringkannya menggunakan tisu kering.
Nah,  dengan cara diatas printer laser akan kembali tajam dan hasilnya pun akan kembali hitam pekat.

0 Response to "Cara menajamkan hasil cetakan printer laser"

Post a Comment