Perbedaan USB 2.0 dan USB 3.0

Advertisement
Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi, sekarang ini banyak sekali bermunculan produk teknologi yang mau tidak mau harus terkoneksi dengan komputer baik dalam hal memindah data, mentransfer data atau banyak jenis perangkat USB lainnya yang saling berbeda fungsi dan kegunaan. nah tahukah kalian bahwasanya perangkat USB itu ada yang support dengan jenis colokan USB dan ada yang tidak support dengan colokan USB pada komputer? seperti contoh kasus seseorang yang menancapkan Flashdisk pada komputer tetapi tidak terbaca, namun ketika membuka menggunakan komputer lain bisa. nah lho, kenapa bisa demikian? nah itulah yang akan saya bahas pada artikel kali ini. Pada dasarnya USB itu ada dua macam yaitu USB 2.0 dan USB 3.0, kedua jenis USB tersebut sudah jelas berbeda. 


  1. USB 2.0 lebih dahulu muncul daripada jenis USB 3.0 , dengan mnggunakan USB 2.0 kita mampu mentransfer data dengan kecepatan 480 MB per detik. 
  2. Pada USB 2.0 Jika menggunakan perpanjangan kabel hanya mampu dengan panjang kabel 3 meter saja. kalau melebihi 3 meter maka perangkat yang tertancap pada socket USB 2.0 ini tidak akan bisa terbaca.
  3. Pada USB 2.0, jika dicolokan USB terminal hanya mampu membaca 4 perangkat USB saja. kalaupun bisa lebih maka akan berpengaruh pada penggunaan perangkat tersebut.
  4. USB 3.0 merupakan jenis socket yang saat ini banyak digunakan, mengapa demikian? karena jenis 3.0 ini lebih cepat dalam membaca data, kecepatannya bisa mencapai 5GB per detik (tentunya bergantung juga pada kecepatan perangkat USB)
  5. Pada jenis USB 3.0 kita bisa menggunakan perpanjangan kabel sepanjang mungkin karena tidak ada batasan disini. namun dibalik keunggulannya masih ada kekurangannya, jika sobat masih menggunakan OS windows XP atau dibawahnya bisa saja perangkat USB tidak akan terbaca oleh komputer, kecuali install terlebih dahulu driver tambahan untuk USB 3.0 ini. (tapi saya yakin pasti udah diatas windwos 7 semua OS nya hehe).


Sedikit tips sebelum membeli perangkat USB :
  1. Belilah USB sesuai socket USB pada komputer, jika ada yang 3.0 belilah yang 3.0 saja. karena lebih cepat dalam hal transfer data.
  2. Jika Perangkat USB tidak terbaca pada komputer, pindahkan Ke socket USB yang sesuai, hal ini biasanya terjadi pada Flashdisk 3.0 (sudah jelas bahwa USB 3.0 tidak akan terbaca pada USB 2.0) maka perlu memindahkannya ke USB 3.0
  3. Cara membedakannya berdasarkan warna ( BIRU = USB 3.0    ABU ABU = USB 2.0 )

0 Response to "Perbedaan USB 2.0 dan USB 3.0"

Post a Comment