Speech to text dengan bahasa indonesia

Advertisement
Mungkin judul blog yang saya berikan ini sedikit melenceng, tetapi saya yakin kebanyakan dari pengunjung yang membaca artikel ini adalah pengunjung yang telah mengetahui tentang cara mengetik menggunakan suara.

Sebelumnya saya telah membahasnya dalam artikel tentang cara mengetik menggunakan suara melalui program speech to text bawaan dari windows, hanya saja kekurangan dari program tersebut adalah tidak bisa menggunakan bahasan indonesia melainkan hanya bahasa inggris saja.

Untuk itu melalui artikel ini saya akan membahas tentang cara mengetik menggunakan suara bahasa indonesia, tetapi metode yang akan kita bahas kali ini sedikit berbeda dari yang pernah saya ajarkan dalam artikel sebelumnya. Pensaran? Langsung saja simak pembahasannya dibawah ini :


Cara mengetik menggunakan suara bahasa indonesia :
  • sebelumnya install terlebih dahulu browser chrome, supaya nantinya berjalan lancar tanpa ada masalah silahkan install versi terbarunya jangan yang offline installer.
  • setelah browser chome terinstall, cari dan pasang plugins Voicenote II pada browser chrome yang sudah terinstall pada komputer. Atau mudahnya klik link ini gan.
  • jalankan programnya dan langsung saja agan coba mengetik menggunakan suara.
  • pilih mode bahasa indonesia
  • lanjutkan dengan klik icon mic dan mulailah mengetik menggunakan suara bahasa indonesia.


Catatan : karena program ini memanfaatkan google speech dalam hal pengenalan kata, maka diperlukan koneksi internet untuk menggunakannya. Kelemahan lainnya adalah, kita hanya bisa mengetik melalui plugin pada chrome. Tidak seperti speech to text pada bawaan windows yang bisa mengetik pada program kerja langsung.
Oke, sampai disii dulu. Kita sambung di artikel selanjutnya. Salam!

3 Responses to "Speech to text dengan bahasa indonesia"