Mudahnya mengetik menggunakan suara

Advertisement
Mengetik merupakan kegiatan yang biasa dilakukan, jika sebelumnya mengetik hanya menggunakan keyboard saja kali ini saya akan sedikit membahas tentang cara mengetik menggunakan suara. Program ini merupakan bawaan windows sehingga kita tidak perlu download program terlebih dahulu. Nah selengkapnya silahkan simak pembahasannya dibawah ini.

Cara mengetik menggunakan suara : Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebelum memulai cara mengetik menggunakan suara. Diantaranya :

  • sebuah microphone, usahakan gunakan mic yang peka (seperti mic jenis condenser). Karena semakin peka mic akan semakin mudah pula komputer mengenali jenis kata yang andanucapkan.
  • yang perlu diperhatikan juga adalah memastikan driver soundcard untuk input recorder sudah terinstall.
  • Jika syarat diatas sudah terpenuhi silahkan mulai mensetting seperti yang akan saya jelaskan dibawah ini.
Cara setting speech to text :
  • Masuk ke soundcard setting, cara mencarinya ketik saja di start menu dengan ketik "sound" kemudian pilih yang ada kata sound card setting.
  • Pada tab recording pilih microphone yang terpasang pada komputer kemudian tetapkan sebagai default recorder.
Pastikan input recorder terceklist sebagai default recorder
  • Setelah setelan input recorder sudah tersetting, selanjutnya setting program speech to text melalui control panel, lihat gambar dibawah :
Klik Set up microphone
  •  Pilih jenis microphone yang kalian gunakan
  • Ucapkan beberapa kalimat hingga tombol next bisa di klik
  • Selanjutnya kita mulai test program speech to text menggunakan notepad, bisa juga menggunakan program lainnya seperti ms word dan program sejenisnya.
Klik icon mic untuk memulai mengetik menggunakan suara.
Catatan : Sayangnya untuk program speech to text ini belum tersedia dalam bahasa indonesia, sehingga kita masih perlu melatih komputer untuk mengenali kata dalam bahasa indonesia karena biasanya untuk program speech to text default hanya tersedia dalam bahasa inggris saja. Untuk mengetik menggunakan suara dalam bahasa indonesia kita memerlukan sebuah program yang harus kita install terlebih dahulu pada komputer, selengkapnya akan saya bahas dalam artikel tentang cara mengetik menggunakan suara bahasa indonesia.
Sekian, salam cara mudah.

1 Response to "Mudahnya mengetik menggunakan suara"