Cara mengisi toner pada printer laser

Advertisement
Berbeda dengan pengisian tinta pada inkjet printer, untuk mengisi bubuk toner pada printer laser memerkukan tehnik khusus karena diharuskan membongkar komponen terlebih dahulu untuk dapat mengisi bubuk toner. pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara mengisi toner pada printer laser lengkap dengan gambar supaya nantinya sahabat sekalian bisa lebih jelas lagi untuk mempraktekkannya.

Sebelumnya silahkan siapkan dulu peralatan yang akan digunakan untuk membongkar dan mengisi toner nantinya, kelengkapannya seperti gambar dibawah ini :

Cara mengisi toner pada printer laser
Penjelasannya dibawah ya
  1. Bubuk toner, fungsinya sudah jelas ya gan :p
  2. Masker supaya serbuk toner tidak terhirup ketika pengisian toner
  3. Obeng plus, obeng ini akan kita gunakan untuk membongkar komponen drum toner pada printer.
  4. Tisyu dan kuas kecil (kalau ada), nantinya akan kita gunakan untuk membersihkan komponen pada printer.
  5. Klip kertas yang diluruskan dan ditekuk bagian ujungnya, Berguna untuk menarik per pengait pada pembersih OPC.
Itu tadi beberapa peralatan yang akan kita gunakan untuk pengisian toner, berlanjut ke tahapan pengisian toner pada printer laser.

Ada beberapa tahapan untuk mengisi toner pada printer laser, yaitu meliputi pembongkaran Drum toner pada printer > membersihkan komponen > mengisi toner pada drum  dan memasangnya kembali.

Langsung saja menuju ke pambahasan tentang Cara mengisi toner pada printer laser :
  • Ambil komponen yang akan diisi toner, keluarkan dari dalam printer.

  • Lepaskan sekrup dengan obeng kemudian lepaskan komponen tabung dan komponen yang akan diisi toner. (komponen pada printer laser pernah saya bahas disini)
Lepaskan sekrupnya
Sebaiknya bersihkan OPC Drum dan PCR beserta tampungannya terlebih dahulu sebelum diisi supaya hasil cetakan bisa bersih
Nah, nantinya yang akan diisi toner komponen ini gan. lepaskan dulu magnetic roller slavenya, baru isikan toner kedalam komponen drum dibawahnya. 
  • Bersihkan komponen-komponen diatas menggunakan tisyu atau kuas
  • Lepaskan magnetic roller slave kemudian isi toner hingga penuh.
  • Kemudian pasang kembali
  • Pada saat memasang per pengunci pembersih OPC Drum, gunakan klip kertas tadi untuk menarik dan posisikan per diatas pembersih OPC Drum.
Tarik per pengunci ke bagian paling atas
  • Setelah terpasang, masukkan kembali komponen ke dalam printer dan printer pun siap untuk digunakan.
Demikianlah tadi cara untuk mengisi toner pada printer laser beserta gambar contohnya. semoga dapat membantu sahabat sekalian yang ingin mengisi toner sendiri. 

Jika sahabat sekalian berkenan silahkan baca juga artikel tentang cara menajamkan hasil cetakan printer laser yang mulai memudar yang pernah saya bahas pada kesempatan sebelumnya. sekian, semoga bermanfaat.

1 Response to "Cara mengisi toner pada printer laser"

  1. Makasih bgt bro info nya, sangat bermanfaat buat saya. hehe
    Yang lagi nyari kerjaan, Jangan Lupa mampir ke blog Lowongan Kerja Terbaru : http://expocpnsbumn.blogspot.co.id/ yaaaa, ingat hanya di expocpnsbumn.blogspot.co.id

    ReplyDelete